PELAJARAN KETIGA

Dengan nama Allah dan puji bagiNYA serta sholawat pd Muhammad dan keluarganya.

Saya telah katakan pd pelajaran sebelumnya sebelum masuk pembahasan hukum hukum jenazah.

Di mukadimah terlebih dahulu saya akan memaparkan tema WASIAT.

Dikesempatan ini dan yg akan datang insyaAllah taala akan sy jelaskan beberapa perkara yg berhubungan dengan Wasiat.

1. Ayat ayat Alquran dan riwayat riwayat Ahlulbait menjelaskan , firman Allah SWT.”Telah diwajibkan pd kalian apabila kematian datang pada kalian, jika ia meninggalkan harta yg banyak berwasiatlah utk ibu bapak kalian secara benar, ini adalah kewajiban atas orang orang yg bertakwa” albaqorah 180.

Rasul saw bersabda :”barang siapa yg wafat tidak berwasiat maka, maka wafatnya seperti jahiliyah”.

Dalam hadis yg lain disebutkan, “berwasiat wajib bagi setiap kaum muslim”. Dan diriwayatkan oleh Imam Albagir as “tidak layak bagi seorang muslim hidup kecuali dia telah berwasiat”.

2. Para ulama fiqih mengatakan, wasiat itu hukumnya Sunah, tetapi apabila dia mempunyai tanggung jawab kewajiban yg harus dilaksanakan kecuali dengan wasiat, maka saat itu wasiat menjadi wajib baginya. Saya akan mencontohkan beberapa contoh sebagai berikut.

Contoh 1.

Seorang yg mempunyai harta banyak dan dia mempunyai tanggungan ghodo sholat sholat.

Contoh 2.

Seorang yg hartanya masih terikat khumus, kemudian dia membelanjakannya sebelum mengeluarkan khumus.

Contoh 3.

Seorang yg mempunyai hutang, yg sebelumnya dia telah meminjamnya dr salah satu temannya.

Contoh contoh di atas, terkadang Si mayit mengetahui bahwa kelak ahli warisnya atau org lain yg akan memikul beban tanggung jawabnya, meskipun si mayit tdk berwasiat.

Tetapi terkadang, dia mengetahui, bahwa kelak tidak ada seorang yg menanggung bebannya, dan dia tidak berwasiat. Atau dia ragu, sebab tidak tahu, apakah kelak ada orang yg menanggung bebannya atau tidak.

Pd kondisi pertama, mengetahui, bahwa kelak akan ada orang yg menanggung bebannya, maka disini dia tidak wajib berwasiat.

Pd kondisi kedua, wajib baginya utk berwasiat kepada seorang yg akan menanggung bebannya.

Hukum hukum yg penting dr Wasiat, bahwa wasiat itu tdk berlaku jika melebihi dr sepertiga peninggalan mayit/harta mayit kecuali ada izin dr ahli warisnya. Apabila ahli waris memperbolehkannya di masa hidup org yg berwasiat, maka tidak boleh pd mereka menolaknya setelah dia wafat.

Seandainya si mayit telah berwasiat, seperti contoh, bahwa setengah hartanya utk wakaf, maka wasiatnya tdk berlaku apabila melebihi sepertiga dr warisannya/hartanya, kecuali warisan yg diwasiatkan telah setujui dan mereka ahli waris merestuinya. Dan mereka berkata, kami ridho dgn ketetapan wasiat warisan ini. Dan apabila mereka telah menyetujuinyanya, maka mereka tidak boleh merubahnya dan meminta dr warisan itu yg melebihi sepertiga.

3. Selayaknya bagi si mayit memilih utk wakilnya org tertentu dan pribadi (satu orang) tidak kolektif, supaya org yg memegang wasiat itu mudah disaat melaksanakan/mengatur seluruh harta waris si mayit.

Tidak baik dgn mengatakan “kalian keluarkanlah sepertiga peninggalanku dan lakukanlah seperti ini….seperti ini…”.

ibarat atau ucapan seperti ini membuat pemegang wasiat menjadi bingung, apalagi harta si mayit berlimpah seperti, tanah(harta yg tidak bisa dipindah), uang kontan atau sebagian hartanya bisa utk dipindah(mobil dll).

Selayaknya mengatakan, “kalian keluarkanlah sepertiga milikku dr seratus ribu atau satu juta.

4. Selayaknya si mayit tidak berwasiat mengeluarkan sepertiga itu pd rumah tinggal yg dihuni oleh ahli waris, apalagi ahli warisnya terdapat anak anak yg membutuhkan tempat tinggal. Sebab setelah wafat pasti rumah itu akan di jual utk mengeluarkan sepertiga dr hartanya. Maka hal ini akan menyebabkan anak anak itu terusir dan tidak punya tempat tinggal.

5. Seandainya harta/rumah yg akan diwasiatkan milik bersama bukan perorangan, maka si pewasiat alangkah baiknya mengatakan, bahwa dia telah mendapat izin dr keluarga/para pemiliknya dan pewarisnya. Dan juga izin dr mereka yg pd umumnya sdh tinggal lama atau melakukan kegiatan dan sholat dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*