image_gallery (1)

Hauzah Ilmiah Qom Siap Berdialog dengan Ulama Al Azhar

Ketua Perhimpunan Guru Hauzah Ilmiah Qom (Society of Seminary Teachers of Qom), Iran menyampaikan kesiapannya menggelar dialog ilmiah dengan ulama Mesir dengan maksud untuk melakukan pendekatan mazhab dan memperkuat persatuan Islam.

Fars News (26/6) melaporkan, menyikapi serangan kelompok Salafi Takfiri terhadap warga Muslim Syiah Mesir di provinsi Giza dan terbunuhnya empat orang, Ayatullah Yazdi, Ketua Perhimpunan Guru Hauzah Ilmiah Qom, Iran dalam surat resmi yang dilayangkan untuk Syeikh Al Azhar mengutuk kejahatan tersebut dan mendesak agar segera dilakukan pengawasan atas kondisi warga Muslim Syiah di negara itu serta kemungkinan meluasnya segala bentuk ekstrimisme, juga fanatisme mazhab.

Dalam suratnya Ayatullah Yazdi mengatakan bahwa proyek Syiahphobia di Mesir baru-baru ini dilancarkan oleh sebagian ulama dan gerakan-gerakan ekstrim. Hal itu menjadi faktor meningkatnya sektarianisme, timbulnya kejahatan-kejahatan dan meluasnya pertumpahan darah. Jelas akar semua peristiwa-peristiwa yang tidak lazim terjadi di tengah masyarakat Mesir itu adalah dikeluarkannya fatwa-fatwa dan statemen-statemen ulama Takfiri yang membuat sebagian orang awam terprovokasi sehingga terdorong untuk melakukan pembantaian terhadap saudaranya sendiri.

Ditambahkan, padahal sebelumnya Syeikh Mahmoud Shaltout, mufti besar Al Azhar dalam fatwa fenomenalnya mengumumkan, “Bahwa sesungguhnya mazhab Jafari, yang dikenal dengan Syiah Dua Belas Imam, adalah sebuah mazhab yang diperbolehkan untuk menganutnya layaknya mazhab-mazhab Islam yang lain.” Oleh karena itu, hal ini sangat pantas untuk diketahui seluruh Muslimin dunia sehingga dapat menghindari fanatisme tidak tepat terhadap satu mazhab tertentu.

Seraya mengutuk kejahatan kelompok Salafi Takfiri terhadap warga Muslim Syiah, Perhimpunan Guru Hauzah Ilmiah Qom juga mengumumkan kesiapannya melakukan dialog ilmiah dengan ulama Mesir untuk mendekatkan mazhab dan memperkuat persatuan Islam. (IRIB Indonesia/HS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*